Home » , » Ramuan Film Horor Klasik James Wan Ciptakan Kengerian

Ramuan Film Horor Klasik James Wan Ciptakan Kengerian

Written By Mimin on Saturday, August 10, 2013 | 2:50 AM

Urban legend memang menjadi jurus ampuh bagi para sineas untuk meramu film horor kelas wahid. Setidaknya, itulah yang dilakukan James Wan, sutradara film "THE CONJURING" untuk menciptakan kengerian. Kisah nyata Amityville yang legendaris dan sepasang paranormal yang mencari gejala-gejala supranatural menjadi fondasi utama yang mengerikan.

film horor the conjuring
Adegan di  "The Conjuring". Credit: Warner Bros.
Kisah "THE CONJURING" diawali dari kasus boneka ANNABELLE, yang terasuki setan jahat. Boneka setan ini mulai "mengganggu" Donna, putri Carolyn Perron, dan teman-temannya. Karena, boneka tersebut bisa bergerak tanpa tersentuh tangan manusia. Donna yang merasa terganggu memanggil Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga). Ini sekaligus "jembatan" untuk memperkenalkan keduanya. Efeknya, pasangan suami istri itu menjadi terkenal.

Pada saat bersamaan, keluarga Perron baru saja membeli rumah di kawasan Harrisville, Rhode Island. Sewaktu pindahan, Sadie anjing keluarga Perron tidak mau masuk rumah, seperti sudah mengendus hawa negatif yang ada di dalam rumah. Namun, sang pemilik tidak menganggap hal tersebut. Hingga keesokan harinya, Sadie tewas di samping rumah yang baru ditempati keluarga Perron.

Keanehan lain tak berhenti sampai di situ. Dikisahkan jika semua jam yang ada di dalam rumah tersebut selalu berhenti tepat pada pukul 03.07. Di samping itu, anak-anak Perron menemukan ruang bawah tanah tak terpakai. Lalu, April (Kyla Deaver) mengatakan pada ibunya jika dia berteman dengan bocah laki-laki bernama Rory. Namun, anehnya, sang ibu tak dapat melihatnya.

Christine (Joey King), putri Perrron lainnya, mengaku melihat sesosok makhluk astral di dalam kamarnya. Sosok itu mengatakan jika semua keluarga Perron akan dibunuh. Carolyn Perron juga mendapati bercak-bercak memar di tubuhnya tanpa diketahui secara jelas apa penyebabnya. Puncak dari teror horor tersebut adalah saat putri sulung mereka, Andrea (Shanley Caswell) diserang sesosok nenek di kamarnya sendiri.

Tak tahan dengan gejala supranatural yang terjadi di dalam rumahnya, keluarga Perron akhirnya meminta Ed dan Lorraine Warren untuk menyelidik keanehan tersebut. Dan terkuaklah banyak cerita misteri di rumah itu yang selama ini terselubung.

Misteri terpenting berhasil dikuak oleh pasangan Warren adalah fakta bahwa rumah yang ditempati keluarga Perron dulunya dimiliki oleh Bathsheba. Seorang wanita yang pernah hidup di abad ke-18 dan dituduh melakukan praktik sihir.

Bathsheba mempunyai anak yang dikorbankan ketika bayi untuk sesembahan setan. Kemudian, dia bunuh diri dengan cara menggantung dirinya sendiri seraya mengutuk siapa saja yang  menempati rumahnya.

Pasca Bathsheba bunuh diri, penghuni-penghuni rumah berikutnya kerap mengalami peristiwa yang aneh-aneh. Seperti, pernah terjadi pembunuhan sadis seorang anak bernama Rory oleh ibu kandungnya, Walker.

Ketika mengumpulkan fakta-fakta tentang rumah tersebut, Ed menemukan adanya ruang rahasia di salah satu kamar anak keluarga Perron. Rupanya, ruang rahasia itu tempat persembunyian Rory jika ibunya sedang memarahinya.

Lorraine pun memeriksa ruang rahasia tersebut dan dia didatangi arwah Walker, yang mengatakan jika dia membunuh Rory karena terasuki Bathsheba. Terkuaknya rahasia itu membuat setan Bathsheba menyerang Lorraine. Kemudian, Lorraine mengatakan pada Ed dan keluarga Perron bahwa para penghuni rumah itu bakal terus dihantui Bathsheba. Di mana, Bathsheba akan selalu membunuh anak-anak yang menempati bekas rumahnya.

Keluarga Perron memutuskan pindah ke motel untuk sementara waktu. Sedangkan, Ed dan Lorraine menghubungi pastor kenalan mereka untuk melakukan praktik pengusiran setan. Sayangnya, sang pastor tidak mau lantaran praktik pengusiran setan harus mendapat izin dari Vatikan.

Pasangan Warren menerima kabar jika Carolyn Perron sudah membawa pulang kedua anaknya ke rumah. Mendengar kabar itu, Lorraine tahu jika Carolyn terasuki setan Bathsheba, yang kemudian akan membunuh kedua anaknya.

Akhirnya, pasangan Warren kembali ke rumah hantu itu. Mereka memutuskan melakukan praktik pengusiran setan itu tanpa bantuan pastor.

Sebagai sebuah film horor, THE CONJURING dilaporkan berhasil meraup kesuksesan US$41,5 juta dalam tiga hari penayangan di Amerika Serikat. Film dengan durasi 112 menit itu dikabarkan akan ada sekuelnya.[]

0 comments:

Post a Comment